Hai saudara semua, sekarang saya akan memposting program java GUI yang lainnya. Jika sebelumnya, saya memposting sebuah program GUI yang memberikan kita inputan aljabar boolean, sekarang saya akan memberikan program game sederhana yaitu "suit" dan tentu saja dibuat dengan GUI dengan BreezySwing. Berikut adalah adalah programnya .... :
import javax.swing.*;
import BreezySwing.*;
public class jankenv1 extends GBFrame
{
//tambahkan item
JLabel userLabel=addLabel("User",2,1,1,1);
JLabel computerLabel=addLabel("Computer",3,1,1,1);
JLabel hasilLabel=addLabel("Hasil",4,1,1,1);
JLabel menangLbel=addLabel("Menang",5,1,1,1);
JLabel kalahLabel=addLabel("Kalah",5,2,1,1);
JLabel seriLabel=addLabel("Seri",5,3,1,1);
JLabel akhirLabel=addLabel("Hasil Akhir",9,1,1,1);
JLabel authorLabel=addLabel("Author :",11,1,1,1);
JLabel author1Label=addLabel(" - David Reinhart B.",12,1,1,1);
JLabel authornim1Label=addLabel("[D42114013]",12,2,1,1);
JLabel author2Label=addLabel(" - M. Fachrial Yuni Y.",13,1,1,1);
JLabel authornim2Label=addLabel("[D42114022]",13,2,1,1);
JTextField menangField=addTextField("",6,1,1,1);
JTextField kalahField=addTextField("",6,2,1,1);
JTextField seriField=addTextField("",6,3,1,1);
JTextField akhirField=addTextField("",9,2,1,1);
JTextField userField=addTextField("",2,2,1,1);
JTextField computerField=addTextField("",3,2,1,1);
JTextField hasilField=addTextField("",4,2,1,1);
JButton guntingButton=addButton("Gunting",1,1,1,1);
JButton batuButton=addButton("Batu",1,2,1,1);
JButton kertasButton=addButton("Kertas",1,3,1,1);
JButton resetButton=addButton("Reset",10,3,1,1);
JTextArea noteArea=addTextArea("No |\t Pil.User\t|\t Pil.Computer\t|\t Hasil \t\n",7,1,3,1);
//variabel public dan array
String user[]={"gunting","batu","kertas"};
static int i=1;
int jml_mng=0, jml_klh=0, jml_seri=0;
//method random
public int nomor()
{
int ambil = (int)(Math.random()*user.length);
return ambil; //return dipakai karena bukan method public void yang digunakan
}
//method Umum
public jankenv1()
{
setTitle("Game Janken-po"); //edit Title / judul program
userField.setEditable(false); //fungsi dimana isi field tidak dapat diubah
computerField.setEditable(false);
hasilField.setEditable(false);
noteArea.setEditable(false);
menangField.setEditable(false);
kalahField.setEditable(false);
seriField.setEditable(false);
akhirField.setEditable(false);
messageBox("\n Pertandingan ini terdiri dari 9X match \n");
}
//methode button saat di click
public void buttonClicked(JButton buttonObj)
{
if(buttonObj==guntingButton)
{
guntingmth();
}
else if(buttonObj==batuButton)
batumth();
else if(buttonObj==kertasButton)
kertasmth();
else
reset();
}
//methode Button gunting
public void guntingmth()
{
userField.setText(user[0]); //Array element 0 = gunting di gunakan pada userField
String computer=user[nomor()]; //fungsi untuk memberikan computer array yang berisi element user yang acak
computerField.setText(computer);
if(computer==user[0]){
hasilField.setText("anda seri");
if(i<=9){
jml_seri+=1;
seriField.setText(jml_seri+"");}
else{
jml_seri+=0;
}
}
else if(computer==user[1]){
hasilField.setText("anda kalah");
if(i<=9){
jml_klh+=1;
kalahField.setText(jml_klh+"");}
else{
jml_klh+=0;
}
}
else{
hasilField.setText("anda menang");
if(i<=9){
jml_mng+=1;
menangField.setText(jml_mng+"");}
else{
jml_mng+=0;
}
}
if(i<=9)
{
// menambahkan text area tanpa menghilangkan isi dari text area sebelumnya
noteArea.append( "\n"+ (i) +" |\t"+ user[0]+"\t\t|\t"+computer+"\t\t|\t"+hasilField.getText()+"\t\n");
i++;
hasil();
}
else
{
messageBox("\t \tMaaf..! \nTekan Tombol Reset untuk Memulai Game");
}
}
//methode Button batu
public void batumth()
{
String computer=user[nomor()];
userField.setText(user[1]);
computerField.setText(computer);
if(computer==user[0]){
hasilField.setText("anda menang");
if(i<=9){
jml_mng+=1;
menangField.setText(jml_mng+"");}
else{
jml_mng+=0;
}
}
else if(computer==user[1]){
hasilField.setText("anda seri");
if(i<=9){
jml_seri+=1;
seriField.setText(jml_seri+"");}
else{
jml_seri+=0;
}
}
else {
hasilField.setText("anda kalah");
if(i<=9){
jml_klh+=1;
kalahField.setText(jml_klh+"");}
else{
jml_klh+=0;
}
}
if(i<=9)
{
noteArea.append( "\n"+ (i) +" |\t"+ user[1]+"\t\t|\t"+computer+"\t\t|\t"+hasilField.getText()+"\t\n");
i++;
hasil();
}
else
{
messageBox("\t \tMaaf..! \nTekan Tombol Reset untuk Memulai Game");
}
}
//method Button kertas
public void kertasmth()
{
userField.setText(user[2]);
String computer=user[nomor()];
computerField.setText(computer);
if(computer==user[0]){
hasilField.setText("anda kalah");
if(i<=9){
jml_klh+=1;
kalahField.setText(jml_klh+"");}
else{
jml_klh+=0;
}
}
else if(computer==user[1]){
hasilField.setText("anda menang");
if(i<=9){
jml_mng+=1;
menangField.setText(jml_mng+"");}
else{
jml_mng+=0;
}
}
else {
hasilField.setText("anda seri");
if(i<=9){
jml_seri+=1;
seriField.setText(jml_seri+"");}
else{
jml_seri+=0;
}
}
if(i<=9)
{
noteArea.append( "\n"+ (i) +" |\t"+ user[2]+"\t\t|\t"+computer+"\t\t|\t"+hasilField.getText()+"\t\n");
i++;
hasil();
}
else
{
messageBox("\t \tMaaf..! \nTekan Tombol Reset untuk Memulai Game");
}
}
//Method untuk Mereset Field, NoteArea dan variable yang digunakan
public void reset()
{
i=1;
userField.setText("");
computerField.setText("");
hasilField.setText("");
noteArea.setText("No |\t Pil.User\t|\t Pil.Computer\t|\t Hasil \t\n");
menangField.setText("");
kalahField.setText("");
seriField.setText("");
akhirField.setText("");
jml_seri=0;
jml_mng=0;
jml_klh=0;
}
//methode hasil jika yg menang di akhir
public void hasil()
{
if(i==10)
{
if(jml_mng>jml_klh)
{
akhirField.setText("User Menang");
messageBox("\tSelamat "+akhirField.getText()+"\n\ntekan tombol reset untuk memulai kembali");
}
else if(jml_klh>jml_mng)
{
akhirField.setText("User Kalah");
messageBox("\tOpps Maaf "+akhirField.getText()+"\n\ntekan tombol reset untuk memulai kembali");
}
else if(jml_mng==jml_klh)
{
akhirField.setText("User Seri");
messageBox(" Woww "+akhirField.getText()+" Dengan Komputer\n\ntekan tombol reset untuk memulai kembali");
}
}
}
public static void main(String[] args)
{
jankenv1 tpo=new jankenv1(); // http://teknomienze.blogspot.com
tpo.setSize(550,500);
tpo.setVisible(true);
}
}
Adapun Hasil dari program diatas adalah :
Demikianlah postingan dari saya mengenai java GUI game Suit. Kuharap berguna oleh saudara.YA-HA
import javax.swing.*;
import BreezySwing.*;
public class jankenv1 extends GBFrame
{
//tambahkan item
JLabel userLabel=addLabel("User",2,1,1,1);
JLabel computerLabel=addLabel("Computer",3,1,1,1);
JLabel hasilLabel=addLabel("Hasil",4,1,1,1);
JLabel menangLbel=addLabel("Menang",5,1,1,1);
JLabel kalahLabel=addLabel("Kalah",5,2,1,1);
JLabel seriLabel=addLabel("Seri",5,3,1,1);
JLabel akhirLabel=addLabel("Hasil Akhir",9,1,1,1);
JLabel authorLabel=addLabel("Author :",11,1,1,1);
JLabel author1Label=addLabel(" - David Reinhart B.",12,1,1,1);
JLabel authornim1Label=addLabel("[D42114013]",12,2,1,1);
JLabel author2Label=addLabel(" - M. Fachrial Yuni Y.",13,1,1,1);
JLabel authornim2Label=addLabel("[D42114022]",13,2,1,1);
JTextField menangField=addTextField("",6,1,1,1);
JTextField kalahField=addTextField("",6,2,1,1);
JTextField seriField=addTextField("",6,3,1,1);
JTextField akhirField=addTextField("",9,2,1,1);
JTextField userField=addTextField("",2,2,1,1);
JTextField computerField=addTextField("",3,2,1,1);
JTextField hasilField=addTextField("",4,2,1,1);
JButton guntingButton=addButton("Gunting",1,1,1,1);
JButton batuButton=addButton("Batu",1,2,1,1);
JButton kertasButton=addButton("Kertas",1,3,1,1);
JButton resetButton=addButton("Reset",10,3,1,1);
JTextArea noteArea=addTextArea("No |\t Pil.User\t|\t Pil.Computer\t|\t Hasil \t\n",7,1,3,1);
//variabel public dan array
String user[]={"gunting","batu","kertas"};
static int i=1;
int jml_mng=0, jml_klh=0, jml_seri=0;
//method random
public int nomor()
{
int ambil = (int)(Math.random()*user.length);
return ambil; //return dipakai karena bukan method public void yang digunakan
}
//method Umum
public jankenv1()
{
setTitle("Game Janken-po"); //edit Title / judul program
userField.setEditable(false); //fungsi dimana isi field tidak dapat diubah
computerField.setEditable(false);
hasilField.setEditable(false);
noteArea.setEditable(false);
menangField.setEditable(false);
kalahField.setEditable(false);
seriField.setEditable(false);
akhirField.setEditable(false);
messageBox("\n Pertandingan ini terdiri dari 9X match \n");
}
//methode button saat di click
public void buttonClicked(JButton buttonObj)
{
if(buttonObj==guntingButton)
{
guntingmth();
}
else if(buttonObj==batuButton)
batumth();
else if(buttonObj==kertasButton)
kertasmth();
else
reset();
}
//methode Button gunting
public void guntingmth()
{
userField.setText(user[0]); //Array element 0 = gunting di gunakan pada userField
String computer=user[nomor()]; //fungsi untuk memberikan computer array yang berisi element user yang acak
computerField.setText(computer);
if(computer==user[0]){
hasilField.setText("anda seri");
if(i<=9){
jml_seri+=1;
seriField.setText(jml_seri+"");}
else{
jml_seri+=0;
}
}
else if(computer==user[1]){
hasilField.setText("anda kalah");
if(i<=9){
jml_klh+=1;
kalahField.setText(jml_klh+"");}
else{
jml_klh+=0;
}
}
else{
hasilField.setText("anda menang");
if(i<=9){
jml_mng+=1;
menangField.setText(jml_mng+"");}
else{
jml_mng+=0;
}
}
if(i<=9)
{
// menambahkan text area tanpa menghilangkan isi dari text area sebelumnya
noteArea.append( "\n"+ (i) +" |\t"+ user[0]+"\t\t|\t"+computer+"\t\t|\t"+hasilField.getText()+"\t\n");
i++;
hasil();
}
else
{
messageBox("\t \tMaaf..! \nTekan Tombol Reset untuk Memulai Game");
}
}
//methode Button batu
public void batumth()
{
String computer=user[nomor()];
userField.setText(user[1]);
computerField.setText(computer);
if(computer==user[0]){
hasilField.setText("anda menang");
if(i<=9){
jml_mng+=1;
menangField.setText(jml_mng+"");}
else{
jml_mng+=0;
}
}
else if(computer==user[1]){
hasilField.setText("anda seri");
if(i<=9){
jml_seri+=1;
seriField.setText(jml_seri+"");}
else{
jml_seri+=0;
}
}
else {
hasilField.setText("anda kalah");
if(i<=9){
jml_klh+=1;
kalahField.setText(jml_klh+"");}
else{
jml_klh+=0;
}
}
if(i<=9)
{
noteArea.append( "\n"+ (i) +" |\t"+ user[1]+"\t\t|\t"+computer+"\t\t|\t"+hasilField.getText()+"\t\n");
i++;
hasil();
}
else
{
messageBox("\t \tMaaf..! \nTekan Tombol Reset untuk Memulai Game");
}
}
//method Button kertas
public void kertasmth()
{
userField.setText(user[2]);
String computer=user[nomor()];
computerField.setText(computer);
if(computer==user[0]){
hasilField.setText("anda kalah");
if(i<=9){
jml_klh+=1;
kalahField.setText(jml_klh+"");}
else{
jml_klh+=0;
}
}
else if(computer==user[1]){
hasilField.setText("anda menang");
if(i<=9){
jml_mng+=1;
menangField.setText(jml_mng+"");}
else{
jml_mng+=0;
}
}
else {
hasilField.setText("anda seri");
if(i<=9){
jml_seri+=1;
seriField.setText(jml_seri+"");}
else{
jml_seri+=0;
}
}
if(i<=9)
{
noteArea.append( "\n"+ (i) +" |\t"+ user[2]+"\t\t|\t"+computer+"\t\t|\t"+hasilField.getText()+"\t\n");
i++;
hasil();
}
else
{
messageBox("\t \tMaaf..! \nTekan Tombol Reset untuk Memulai Game");
}
}
//Method untuk Mereset Field, NoteArea dan variable yang digunakan
public void reset()
{
i=1;
userField.setText("");
computerField.setText("");
hasilField.setText("");
noteArea.setText("No |\t Pil.User\t|\t Pil.Computer\t|\t Hasil \t\n");
menangField.setText("");
kalahField.setText("");
seriField.setText("");
akhirField.setText("");
jml_seri=0;
jml_mng=0;
jml_klh=0;
}
//methode hasil jika yg menang di akhir
public void hasil()
{
if(i==10)
{
if(jml_mng>jml_klh)
{
akhirField.setText("User Menang");
messageBox("\tSelamat "+akhirField.getText()+"\n\ntekan tombol reset untuk memulai kembali");
}
else if(jml_klh>jml_mng)
{
akhirField.setText("User Kalah");
messageBox("\tOpps Maaf "+akhirField.getText()+"\n\ntekan tombol reset untuk memulai kembali");
}
else if(jml_mng==jml_klh)
{
akhirField.setText("User Seri");
messageBox(" Woww "+akhirField.getText()+" Dengan Komputer\n\ntekan tombol reset untuk memulai kembali");
}
}
}
public static void main(String[] args)
{
jankenv1 tpo=new jankenv1(); // http://teknomienze.blogspot.com
tpo.setSize(550,500);
tpo.setVisible(true);
}
}
Adapun Hasil dari program diatas adalah :
Tampilan Saat di Run |
Demikianlah postingan dari saya mengenai java GUI game Suit. Kuharap berguna oleh saudara.YA-HA
20.43 |
Category: |
0
komentar
Comments (0)