Hai saudara semua, sekarang saya akan memposting program java GUI yang lainnya. Jika sebelumnya, saya memposting sebuah program GUI yang memberikan kita inputan aljabar boolean, sekarang saya akan memberikan program game sederhana yaitu "suit" dan tentu saja dibuat dengan GUI dengan BreezySwing. Berikut adalah adalah programnya .... :


import javax.swing.*;
import BreezySwing.*;



public class jankenv1 extends GBFrame
{
   
    //tambahkan item
    JLabel userLabel=addLabel("User",2,1,1,1);
    JLabel computerLabel=addLabel("Computer",3,1,1,1);
    JLabel hasilLabel=addLabel("Hasil",4,1,1,1);
    JLabel menangLbel=addLabel("Menang",5,1,1,1);
    JLabel kalahLabel=addLabel("Kalah",5,2,1,1);
    JLabel seriLabel=addLabel("Seri",5,3,1,1);
    JLabel akhirLabel=addLabel("Hasil Akhir",9,1,1,1);
    JLabel authorLabel=addLabel("Author :",11,1,1,1);
    JLabel author1Label=addLabel("        - David Reinhart B.",12,1,1,1);
    JLabel authornim1Label=addLabel("[D42114013]",12,2,1,1);
    JLabel author2Label=addLabel("        - M. Fachrial Yuni Y.",13,1,1,1);
    JLabel authornim2Label=addLabel("[D42114022]",13,2,1,1);

    JTextField menangField=addTextField("",6,1,1,1);
    JTextField  kalahField=addTextField("",6,2,1,1);
    JTextField seriField=addTextField("",6,3,1,1);
    JTextField akhirField=addTextField("",9,2,1,1);
    JTextField userField=addTextField("",2,2,1,1);
    JTextField computerField=addTextField("",3,2,1,1);
    JTextField hasilField=addTextField("",4,2,1,1);
    JButton guntingButton=addButton("Gunting",1,1,1,1);

    JButton batuButton=addButton("Batu",1,2,1,1);
    JButton kertasButton=addButton("Kertas",1,3,1,1);
    JButton resetButton=addButton("Reset",10,3,1,1);

    JTextArea noteArea=addTextArea("No |\t Pil.User\t|\t Pil.Computer\t|\t Hasil \t\n",7,1,3,1);

   
    //variabel public dan array
    String user[]={"gunting","batu","kertas"};
    static int i=1;
    int jml_mng=0, jml_klh=0, jml_seri=0;



    //method random
    public int nomor()
    {

     int ambil = (int)(Math.random()*user.length);
     return ambil; //return dipakai karena bukan method public void yang digunakan
    }


    //method Umum
    public jankenv1()
    {
        setTitle("Game Janken-po"); //edit Title / judul program

    userField.setEditable(false);      //fungsi dimana isi field tidak dapat diubah
    computerField.setEditable(false);
    hasilField.setEditable(false);
    noteArea.setEditable(false);
    menangField.setEditable(false);
    kalahField.setEditable(false);
    seriField.setEditable(false);
    akhirField.setEditable(false);
    messageBox("\n Pertandingan ini terdiri dari 9X match \n");

    }

    //methode button saat di click
    public void buttonClicked(JButton buttonObj)
    {
        if(buttonObj==guntingButton)
        {
            guntingmth();
        }
        else if(buttonObj==batuButton)
            batumth();
        else if(buttonObj==kertasButton)
            kertasmth();
        else
            reset();
    }


    //methode Button gunting
    public void guntingmth()
    {
        userField.setText(user[0]);  //Array element 0 = gunting di gunakan pada userField
        String computer=user[nomor()];  //fungsi untuk memberikan computer array yang berisi element user yang acak
        computerField.setText(computer);
        if(computer==user[0]){
            hasilField.setText("anda seri");
            if(i<=9){
            jml_seri+=1;
            seriField.setText(jml_seri+"");}
            else{
                jml_seri+=0;
            }
        }
        else if(computer==user[1]){

            hasilField.setText("anda kalah");
            if(i<=9){
            jml_klh+=1;
            kalahField.setText(jml_klh+"");}
            else{
                jml_klh+=0;
            }
        }
        else{
            hasilField.setText("anda menang");
            if(i<=9){
            jml_mng+=1;
            menangField.setText(jml_mng+"");}
            else{
                jml_mng+=0;
            }
        }
           
            if(i<=9)
            {
            // menambahkan text area tanpa menghilangkan isi dari text area sebelumnya
            noteArea.append( "\n"+ (i) +"  |\t"+ user[0]+"\t\t|\t"+computer+"\t\t|\t"+hasilField.getText()+"\t\n"); 
            i++;
           
            hasil();
            }
           
        else
        {
                messageBox("\t \tMaaf..! \nTekan Tombol Reset untuk Memulai Game");
        }
    }


    //methode Button batu
    public void batumth()
    {
        String computer=user[nomor()];
        userField.setText(user[1]);
        computerField.setText(computer);
        if(computer==user[0]){
            hasilField.setText("anda menang");
            if(i<=9){
            jml_mng+=1;
            menangField.setText(jml_mng+"");}
            else{
                jml_mng+=0;
            }
        }
        else if(computer==user[1]){
            hasilField.setText("anda seri");
            if(i<=9){
            jml_seri+=1;
            seriField.setText(jml_seri+"");}
            else{
                jml_seri+=0;
            }
        }
        else {
            hasilField.setText("anda kalah");
            if(i<=9){
            jml_klh+=1;
            kalahField.setText(jml_klh+"");}
            else{
                jml_klh+=0;
            }
        }

        if(i<=9)
            {
            noteArea.append( "\n"+ (i) +"  |\t"+ user[1]+"\t\t|\t"+computer+"\t\t|\t"+hasilField.getText()+"\t\n");
            i++;
           
            hasil();
            }
           
        else
        {
                messageBox("\t \tMaaf..! \nTekan Tombol Reset untuk Memulai Game");
        }
    }


    //method Button kertas
    public void kertasmth()
    {
        userField.setText(user[2]);
        String computer=user[nomor()];
        computerField.setText(computer);
        if(computer==user[0]){
            hasilField.setText("anda kalah");
            if(i<=9){
            jml_klh+=1;
            kalahField.setText(jml_klh+"");}
            else{
                jml_klh+=0;
            }
        }
        else if(computer==user[1]){
            hasilField.setText("anda menang");
            if(i<=9){
            jml_mng+=1;
            menangField.setText(jml_mng+"");}
            else{
                jml_mng+=0;
            }
        }
        else {
            hasilField.setText("anda seri");
            if(i<=9){
            jml_seri+=1;
            seriField.setText(jml_seri+"");}
            else{
                jml_seri+=0;
            }
        }

       
        if(i<=9)
            {
            noteArea.append( "\n"+ (i) +"  |\t"+ user[2]+"\t\t|\t"+computer+"\t\t|\t"+hasilField.getText()+"\t\n");
            i++;
           
            hasil();
            }
           
        else
        {
                messageBox("\t \tMaaf..! \nTekan Tombol Reset untuk Memulai Game");
        }
    }


    //Method untuk Mereset Field, NoteArea dan variable yang digunakan
    public void reset()
    {
        i=1;
        userField.setText("");
        computerField.setText("");
        hasilField.setText("");
        noteArea.setText("No |\t Pil.User\t|\t Pil.Computer\t|\t Hasil \t\n");
        menangField.setText("");
        kalahField.setText("");
        seriField.setText("");
        akhirField.setText("");
        jml_seri=0;
        jml_mng=0;
        jml_klh=0;
    }


    //methode hasil jika yg menang di akhir
    public void hasil()
    {
       
                   
        if(i==10)
            {
                if(jml_mng>jml_klh)
                {
                    akhirField.setText("User Menang");
                    messageBox("\tSelamat "+akhirField.getText()+"\n\ntekan tombol reset untuk memulai kembali");
                }
                else if(jml_klh>jml_mng)
                {
                    akhirField.setText("User Kalah");
                    messageBox("\tOpps Maaf "+akhirField.getText()+"\n\ntekan tombol reset untuk memulai kembali");

                }
                else if(jml_mng==jml_klh)
                {
                    akhirField.setText("User Seri");
                    messageBox("    Woww "+akhirField.getText()+" Dengan Komputer\n\ntekan tombol reset untuk memulai kembali");
                }

            }
            }   
       
   
    public static void main(String[] args)   
    {
        jankenv1 tpo=new jankenv1();    // http://teknomienze.blogspot.com
        tpo.setSize(550,500);
        tpo.setVisible(true);
    }
}


Adapun Hasil dari program diatas adalah :


Tampilan Saat di Run

Demikianlah postingan dari saya mengenai java GUI game Suit. Kuharap berguna oleh saudara.YA-HA

Comments (0)

-->